Untuk mempelajari pemrograman PHP dan Database MySql sekaligus menerapkannya untuk membangun sebuah web, ada beberapa software yang harus dipersiapkan seperti berikut:
  1. Program PHP
  2. Web Server Apache
  3. Database Mysql
  4. Editor (misal: notepad, notepad++, PHP Editor dll) disini saya menggunakan SublimeText.
  5. MySql Editor (misal: phpMyAdmin, SqlYog dll) disini saya menggunakan SqlYog
  6. Web Browser (seperti: Google Chrome dll) disini saya menggunakan Chrome
Dalam kasus kali ini saya mempersiapkan beberapa software yang saya gunakan, silahkan bisa di ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

A. Web Server (Saya menggunakan paket Server XAMPP)

Anda bisa download XAMPP nya disini dan setelah paket server XAMPP terinstall silahkan buka aplikasinya, Lalu klik Start pada module Apache dan MySql.


Setelah keduanya berjalan dan tanpa error, selanjutnya gunakan Google Chrome untuk mengakses localhost dengan link : http://localhost/ atau http://127.0.0.1/, Jika sudah maka anda akan di arahkan ke halaman dashboard xampp, seperti pada gambar dibawah ini.


Langkah diatas adalah persiapan pertama untuk memulai ngoding menggunakan pemrograman php, langkah selanjutnya adalah dengan memulai Install CodeEditor Favorit anda kalau saya menggunakan SublimeText.

B. Code Editor (SublimeText)

Anda bisa download disini, jika sudah silahkan langsung proses install SublimeText nya biar ngga lupa 😁, dan sebelum membuka code editor SublimeText jangan lupa untuk membuat folder baru terlebih dahulu yang dibuat pada folder C:\xampp\htdocs/[folder name]. contoh kali ini saya membuat folder dengan nama 📁NgodingPhp seperti gambar dibawah ini : 


Setelah folder 📁NgodingPhp dibuat silahkan buka SublimeTextnya lalu lanjut membuka folder 📂NgodingPhp lewat SublimeText seperti pada gambar berikut :


Cari folder 📂NgodingPhp pada direktori C:\xampp\htdocs/NgodingPhp jika sudah ketemu lalu select folder seperti pada gambar berikut :


Jika sudah maka folder tersebut akan terlihat seperti berikut :


Nah, itulah dasar penggunaan dari pada CodeEditor SublimeText yang saya pakai. Langkah selanjutnya persiapan MySql Editor atau yang biasa disebut Client Mysql atau bisa disebut juga Query Editor untuk pengolahan Database MySqlnya yang nantinya akan kita hubungkan dengan Server local yang sudah kita install pada tahap pertama.

C. MySql Editor sebagai Client MySql saya menggunakan SqlYog untuk pengolahan query databasenya.

Anda bisa download langsung disini, untuk cara penggunaannya bisa anda pelajari dan ikuti langkah-langkahnya seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel kami mengenai Tuntunan Database Menggunakan MySql.

👉Next Artikel :
Mengenal Tag, Variable dan Tipe Data

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama